Pemantau Keuangan Negara (PKN) Geruduk Rakernas Komisi Informasi Untuk Sampaikan Aksi Protes.

SuaraLahat – Puluhan orang yang tegabung dalam Lembaga Pemantau Keuangan Negara Republik Indonesia (PKN RI) menggeruduk Rakernas Komisi Informasi di depan Hotel Novotel Bandung pada Selasa, 6/9/2022. PKN RI menyampaikan aksi protes terhadap Komisi Informasi Indonesia terkait beberapa hal.

Tuntutan yang dilayangkan oleh PKN RI antara lain:

  1. PKN RI mendesak untuk merevisi Pasal 29 dan Pasal 52 UU No. 14 tahun 2008.
  2. Hapus Keputusan Komisi Informasi Pusat Nomor 01/KEP/KIP/V/2018 karena dianggap kontradiksi dengan Pasal 28 F UUD 1945 dan UU Nomor 14 Tahun 2008
  3. Pasal 33 Ayat 3 PERKI Nomor 1 Tahun 2021.
  4. Komisioner harus cerdas dan profesional serta memiliki integritas yang tinggi, karena di banyak kejadian putusan komisioner menabrak UU 14 Tahun 2008 dan PERKI 1 Tahun 2013.
  5. Komisioner harus bekerja penuh waktu, karena ada beberapa komisioner terindikasi bekerja di lebih dari 1 badan publik atau rangkap jabatan.
  6. Komisioner harus benar-benar independen, tidak memihak kepada keluarga, kelompok atau kolega dekatnya.

 Ditemui di selah-selah aksi Ketua Umum PKN RI, Patar Sihotang, SH.,MH menjelaskan bahwa aksi tersebut merupakan aksi penyampaian aspirasi sekaligus aksi protes terhadap Komisi Informasi Indonesia agar kedepannya lembaga ini bisa menjadi garda terdepan dalam keterbukaan informasi publik serta berperan besar dalam membantu masyarakat untuk mengawal dan mengawasi kebijkan instansi publik di Indonesia. (Aa)